Wednesday 1 August 2012

KENAPA??


Kenapa LANGIT  berwarna biru?
Sinar matahari terdiri atas aneka warna. Partikel-partikel yang membentuk atmosfer di sekeliling Bumi memungkinkan sinar biru menembus lebih mudah: itulah sebabnya langit tampak biru bagi kita! Ketika matahari terbenam langit tampak merah karena jumlah debu di udara lebih banyak sehingga warna merah lebih mudah menembusnya.
Kenapa ICEBERG terbentuk?
Iceberg adalah potongan es yang terlepas dari gunung es di Kutub. Iceberg yang berada di bawah permukaan air nyaris 7 kali lebih besar daripada bagian yang terlihat.
Kenapa DINOSAURUS punah?
Dinosaurus punah 65 ribu tahun yang lalu. Kemungkinan disebabkan asteroid yang ketika jatuh di Bumi, memicu perubahan iklim besar-besaran hingga reptile-reptil raksasa ini tak bias beradaptasi dengan kondisi baru ini.
Kenapa kita harus MAKAN?
Makanan adalah bahan bakar bagi tubuh kita: fungsinya seperti bensin untuk mobil. Untuk bias hidup, bergerak, dan tumbuh besar kita perlu makan aneka jenis unsur: vitamin dari buah-buahan dan sayur-sayuran, protein dari daging, karbohidrat dari pasta, berbagai mineral, dan juga sedikit lemak.
Kenapa cahaya MATAHARI sangat terang?
Karena matahari adalah bintang yang paling dekat ke bumi. Seperti semua bintang, matahari terbuat dari gas putih panas yang berpijar di permukaannya, seperti api raksasa yang terang benderang.
Kenapa TUMBUH-TUMBUHAN berwarna hijau?
Tumbuhan juga membutuhkan protein, karbohidrat, dan vitamin, yang dibuat sendiri dengan menggunakan sinar matahari dan karbondioksida. Untuk menangkap sinar matahari, tumbuhan menggunakan  klorofil, substansi yang juga membuat warna tumbuhan hijau.
Kenapa PADANG PASIR terbentuk?
Padang pasir adalah daerah yang sangat kering. Di sana nyaris tak pernah hujan. Padang pasir terbentuk karena angina yang membawa awan berubah arah, atau karena eksploitasi lingkungan yang seenaknya oleh manusia, yang membuat tumbuh-tumbuhan tak bias tumbuh. Tapi padang pasir bukannya tanpa kehidupan lho, lihat saja betapa banyaknya hewan yang hidup di sana!
Kenapa MATAHARI terbenam?
Bagi kita tampaknya Matahari bergerak di langit, dan setiap sore lenyap ke balik kaki langit: saat itu kita mengatakan matahari terbenam. Ini terjadi karena Bumi berputar pada sumbunya: oleh karena itu berbagai daerah akan terpapar Matahari selama dua jam setiap kali, kemudian tersembunyi di dalam kegelapan selama apa yang kita sebut malam hari.
Kenapa IKAN hidup di bawah permukaan air?
Tubuh ikan dibuat untuk hidup di bawah permukaan air. Ikan tidak mempunyai kaki untuk berjalan atau sayap untuk terbang, tapi punya sirip untuk berenang dan insang. Insang organ istimewa yang terletak di sisi kepala. Fungsinya untuk menyerap oksigen dari dalam air: di luar air ikan tidak dapat bernafas.

Komentar


Powered By FISHBONE