Tuesday 14 August 2012

Transistor Jengkol [DAPAT] Menghasilkan Listrik

Siapkan Transistor Jengkol Jenis NPN, dalam eksperimen ini saya menggunakan transistor type 2N3055. Saya menggunakan 2 transistor sekaligus untuk saya uji. Ini adalah gambarnya.


Bahan yang perlu siapkan :
1. AVO meter untuk mengecek tegangan yang dihasilkan.
2. Gergaji untuk menggergaji(membuka bagian atas transistor).
3. Transistor type 2N3055 yang sudah tidak terpakai atau rusak (semakin besar transistor semakin baik karena dapat menghasilkan tegangan yang semakin besar).
4. Sinar matahari.
5. Kamera untuk mendokumentasikan(opsional)
Langkah-langkah pengujian:
1. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.
2. Buka tutup atas transistor menggunakan gergaji.
3. Setelah terbuka kemudian tes tegangan dengan menghubungkan bagian probe ke transistor(bagian bawah dengan mencoba-coba memindahkan titik sampai jarum bergerak, gunakan skala DCV 3v karena tegangannya cukup kecil)
4. Catat hasil.
Kesimpulan:
Menurut hasi pengujian yang saya lakukan dapat disimpulkan bahwa transistor jengkol(dalam hal ini dua buah transistor type 2N3055) dapat menghasilkan tegangan DC sebesar 0.5V jika mendapatkan sinar matahari(saya uji menggunakan sinar selain sinar matahari tidak menghasilkan tegangan). Jika dilakukan kajian lebih lanjut, transistor jengkol dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik khususnya untuk mengisi baterai hp maupun laptop.

Komentar


Powered By FISHBONE