Saturday 30 June 2012

ASAP ROKOK BIKIN CEPET TUA!!!


Emang udah jelas banget tuh, kalau merorokok bisa merusak kesehatan, paru-paru, jantung, impotensi sama gangguan pada janin bagi ibu hamil. Tapi semua itu belum cukup buat nyampein bahayanya menjadi perokok. Padahal masih panjang daftar bahaya yang lainnya. Salah satunya, jadi cepet tua! Yup, percaya atau nggak, merokok, bakal bikin penghisapnya lebih tua lima kali dari umur sebenarnya.
Studi ini pernah dipublikasikan British Medical Association sebelumnya. Katanya nih, kerutan dibagian wajah merupakan pertanda kerentanan terhadap dampak asap rokok. Filter yang ada di rokok, nggak cukup buat menghilangkan kandungan Tar pada rokok. Justru bahan-bahan kimia yang ditambahkan dalam tembakau, makin bikin bodi rentan berbagai penyakit degeneratife dan pastinya kerutan diwajah pula.
Nah, bahan kimia yang yang bikin wajah cepet kerutan sebagai penghisap rokok pertama adalah Amonia. Bahan ini bikin otak dapaet dosis nikotin lebih tinggi. Biasanya, kandungan Amonia digunakan untuk membersihkan jendela dan toilet. Lalu apa namanya Kadnium? Kalau umumnya nih, bahan ini buat baterai, lapisan logam, dan plastik. Menghisa[p uap dari kadnium, sama aja mempercepat peradangan pada ginjal dan iritasi pencernaan.
Benzene dan Formaldehida adalah ancaman selanjutnya. Benzene merupakan bahan kimia industri besar yang terbuat dari batu bara dan minyak. Biasanya sih bahan kimia ini buat jenis plastik deterjen dan pestisida. Sementara Formaldehida sering dipakai sebagai perekat dalam produk kayu dan pengawet dalam beberapa cat. Kebayang dong, dampak yang bakal terjadi buat penghisapnya kalau bahan ini dicampur dalam rokok.
Berikut bahaya lainnya adalah Nikel (perak atau logam putih) dan Timbal. Bahaya menghisap bahan ini adalah infeksi dan berkurangnya fungsi paru-paru, dan bronchitis kronis. Kalau  Timbal berpengaruh bagi kelahiran bayi yang ada dalam kandungan, karena Timbal biasanya dipakai buat campuran amunisi, atap, bensin, cat, dan produk keramik.
Daftar bahaya berikutnya adalah Aseton dan Piridin. Aseton merupakan produk buangan dari asap kendaraan, asap rokok dan zat yang banyak terdapat dalam di lokasi pembuangan sampah. Piridin merupakan Tar dari batubara mentah. Dampak menghisap Piridin bikin denyut nadi berdetak cepat dan nafas tersengal-sengal.
Hah, kalau semua bahan yang sudah disebutin diatas masuk dalam tubuh, kinerja organ jadi terganggu dan nggak akan maksimal. Kulit yang paling keliatan, karena peredaran darah terhambat dan cairan dalam tubuh berkurang.

Kandungan dalam asp rokok adalah karbon monoksida yang menggantikan oksigen dalam kulit. Kalau nikotin, pengaruhnya mengurangi aliran darah dan bikin kulit kering. Nutrisi vitamin C pun jadi terkuras. Jadi bener-bener merugikan banget. Asl tau aja, menurut data National Council Againts Smoking, 12% kematian dini di seluruh dunia ada hubungannya sama rokok. (ry@n/ sumber:detikhealth.com)    

Komentar


Powered By FISHBONE