Saturday 30 June 2012

OTOT SEMPURNA DENGAN PROTEIN


Kalo mau ngebangun otot, biasanya banyak orang melakukan di gym atau pusat kebugaran. Tapi usaha begitu bakal sia-sia kalo nggak dibarengin dengan asupan nutrisi yang pas. Karna nutrisi bukan sekedar menjaga kesehatan, tapi juga bisa ngembangin dan membangun otot yang lebih baik dari sebelumnya.
Di Asia, cowok-cowoknya punya kandungan lemak yang lebih tinggi disbanding cowok-cowok di Eropa. Jadi nggak usah heran, ngebentuk otot cowok-cowok di Asia paling nggak latihannya harus lebih keras disbanding cowok-cowok di Eropa. Ada sekitar 650 otot yang ngebentuk bodi untuk bergerak. Sementara otot terdiri dari serat yang bisa berkontraksi sehingga mampu manjangin dan mendekin untuk menghasilkan sebuah gerakan. Otot sendiri tersusun oleh protein. Nah, kalo mau ngebentuk bodi yang baik, udah pasti protein yang dibutuhin lebih banyak dibanding bodi-bodi yang normal.
Menurut salah soerang ahli nutisi, penyerapan protein yang maksimal perlu bantuan banyak macam nutrisi. Misalkan nih, L-karnitin untuk pembakaran lemak. Lalu keratin untuk pembentukan otot, dan asam amino serta dan vitamin B-kompleks untuk membantu metabolisme asam amino. Kebutuhan protein untuk ngebentuk otot sekitar 1,5-2 gram per kilogram berat badan. Jadi, jika berat badan sekitar 60 kg, maka dibutuhkan 90 gram protein. Jumlah ini tentu nggak cukup dari makanan sehari-hari aja. Jadi perlu dibantu tambahan suplemen tinggi protein.
Protein dapat ditemukan dari telur, daging ayam, susu, atau daging sapi. Sayangnya, makanan ini juga mengandung lemak yang cukup tinggi. So, kalo bisa dibantu dengan olahraga biar radikal bebas bisa terlepas dari tubuh. Hindari cara instan kalo pengen punya bodi oke, misalnya suntik steroid karena efeknya bisa bahaya banget! (ry@n/ sumber:kompas.com)
            

Komentar


Powered By FISHBONE